Quiz 10


Bagaimanakan cara penyelesaiannya? Mari kita mulai.
1. Perhatikan semua petunjuk yang ada. Ada lima petunjuk dengan masing-masung deretan angka. Cari petunjuk dengan deretan angka salah semua.

Petunjuk keempat memiliki deretan angka yang semuanya salah. Jadi angka 5, 7, dan 1 adalah angka yang salah. Cari angka pada deretan yang lain yang menunjukkan angka yang sama. Maka kita menemukan angka 1 pada deretan petunjuk pertama.

2. Selanjutnya, cari angka yang paling banyak muncul. Kita menemukan angka 2 pada deretan petunjuk kedua, ketiga dan kelima. Perhatikan masing-masing petunjuknya.

Menurut petunjuk kedua, angka yang benar berada di posisi yang salah. Seandainya angka 2 adalah angka yang benar, maka angka 2 tidak boleh berada di depan. Menurut petunjuk ketiga, angka yang benar berada di posisi yang salah. Seandainya angka 2 adalah angka yang benar, maka angka 2 tidak boleh berada di tengah. Dan menurut petunjuk kelima, angka yang benar berada di posisi yang salah. Seandainya angka 2 adalah angka yang benar, maka angka 2 tidak boleh berada di depan.
Logikanya, jika angka 2 tidak boleh berada di depan, di tengah, dan di belakang, maka angka 2 pasti bukan angka yang benar.

3. Perhatikan petunjuk ketiga. Ada dua angka benar, namun berada di posisi yang salah. Karena angka 2 adalah angka yang salah, maka jelas bahwa angka 3 dan angka 9 adalah angka yang benar. Tandai juga untuk angka 9 pada deretan kelima.

4. Perhatikan petunjuk kelima. Ada satu angka benar, namun berada di posisi yang salah. Karena angka 2 adalah angka yang salah dan angka 9 dalah angka yang benar, maka jelas bahwa angka 8 adalah angka yang salah. Coret juga untuk angka 8 pada deretan kedua.

5. Perhatikan petunjuk kedua. Ada satu angka benar, namun berada di posisi yang salah.

Karena angka 2 dan angka 8 adalah angka yang salah, maka jelas bahwa angka 4 adalah angka yang benar. Tandai juga untuk angka 4 pada deretan pertama.
Kemudian perhatikan petunjuk pertama. Ada satu angka benar, berada di posisi yang benar. Karena angka 4 adalah angka yang benar, maka jelas bahwa angka 1 dan angka 6 adalah angka yang salah.

Nah, kita sudah mendapatkan tiga angka yang benar, yaitu angka 4, angka 3, dan angka 9. Sekarang saatnya menyusun berdasar petunjuk yang ada. Angka 4 berada pada posisi yang benar (di tengah) dan tidak boleh berada di belakang. Angka 9 tidak boleh berada di belakang ataupun di tengah, jadi tempatnya di depan. Angka 3 menempati posisi yang tersisa, yaitu di belakang.

Title : Quiz 10
Description : Bagaimanakan cara penyelesaiannya? Mari kita mulai. 1. Perhatikan semua petunjuk yang ada. Ada lima petunjuk dengan masing-masung deret...

0 Response to "Quiz 10"

Post a Comment

Taktik Catur

Random Hadits

Random Ayat Quran

Millis